Menemukan Gairah dalam Karier

Sabtu, 31 Januari 2015 - 09:44 WIB
Menemukan Gairah dalam...
Menemukan Gairah dalam Karier
A A A
Saat ini banyak yang bekerja tidak sesuai dengan pendidikan yang diambil dan baru menyadari bahwa minatnya terdapat di bidang lain. Contohnya seorang lulusan jurusan marketing yang bekerja sebagai HRD, lulusan seni yang bekerja sebagai marketing , dan sebagainya.

Tak jarang banyak yang baru menyadari bahwa karier yang diinginkan bukanlah karier impian setelah lulus dan menempuh berbagai pengalaman. Oleh karena itu, berikut ini terdapat tiga pertanyaan yang dapat mengarahkan kita ke jalan yang tepat dan membangun masa depan karier impian.

Apa yang menjadi passion diri dan alasan menyukainya?

Pikirkan apa yang membuat diri Anda semangat untuk bangun setiap harinya, tapi jangan berhenti sampai di sini. Cari tahu apa yang membuat Anda benar-benar bersemangat dari passion tersebut. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengeksplorasi minat lebih jauh. Perhatikan perbedaan antara halhal yang dapat membuat Anda semangat dan hal-hal yang Anda pikir dapat membuat diri Anda semangat. Galilah lebih dalam hingga Anda menemukan dasar dan alasan dari hal yang menjadi passion Anda.

Seperti apa pekerjaan impian Anda?

Pertanyaan ini tidak hanya menggali dari sisi jabatan atau tingkat gaji, melainkan meliputi segala aspek dari gambaran pekerjaan ideal Anda. Contohnya, apakah Anda lebih suka hal-hal terstruktur atau yang menggali sisi kreatif? Lebih suka menggunakan kemeja, seragam, atau celana jins setiap hari? Lebih tertarik bekerja di kantor atau lapangan? Pertanyaan-pertanyaan ini berpengaruh dalam menentukan bidang yang Anda cari.

Anda juga harus melihat bagaimana perkembangan bidang tersebut dalam tahun-tahun ke depan. Apakah Anda lebih memilih untuk fokus pada satu keterampilan yang spesifik dari bidang tersebut atau menyukai segala hal yang berhubungan dengan minat Anda secara umum? Apakah Anda siap jika suatu saat dibutuhkan untuk mengatur orang dan tidak mengerjakan hal-hal yang spesifik dulu?

Promosi dan kenaikan gaji diperoleh berdasarkan pengalaman atau pendidikan formal? Mempertimbangkan perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dengan bidang yang Anda sukai menjadi penting, ketika Anda tidak dapat memastikan perkembangan bidang tersebut pada masa mendatang.

Bagaimana pekerjaan tersebut cocok untuk hidup Anda?

Terkadang pekerjaan yang Anda sukai belum tentu dapat membuat hidup Anda bahagia. Contohnya jika Anda suka bekerja di bidang F&B dalam kapal pesiar, Anda dituntut untuk jauh dari keluarga. Kunci untuk memilih karier yang tepat dalam hidup ada lima hal, yaitu relasi, hobi, komitmen keluarga, kecocokan, dan spiritualitas. Lima pertimbangan ini dapat membantu memperkirakan dampak yang ditimbulkan dari pekerjaan tersebut dalam berbagai segi kehidupan Anda.

Claudia carla/the muse
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0852 seconds (0.1#10.140)